siswa unik


siswa unik… itu gambaran saya mengenai siswa yang sering disebut orang lain sebagai anak nakal, anak bermasalah …

bagi saya mereka adalah siswa-siswa yang berbeda dari kebanyakan siswa yang lain, makanya saya sebut unik. hal lain yang membedakan siswa-siswa unik ini dengan yang lain yaitu mereka butuh penanganan khusus.

menurut saya penanganan siswa unik ini terkait dengan trilogi sistem terkait pendidikan untuk anak. ketiga hal tersebut yaitu orang tua, sekolah dan juga lingkungan masyarakat. seorang siswa unik (bermasalah) biasanya terkait dengan ketiga hal tersebut.

jadi ketika sering orang tua menyalahkan pihak sekolah ketika anaknya melakukan penyimpangan, itu perlu kajian ulang. yang pertama perlu dilihat justru adalah bagaimana keharmonisan keluarga dari si anak. apakah dia dapat cukup perhatian, kasih sayang maupun kebutuhan hidup di rumah. karena ternyata dari beberapa kasus yang ada ketika anak bermasalah ternyata banyak karena berawal dari keluarga yang bermasalah.

selain orang tua pergaulan masyarakat baik di lingkungan rumah maupun dengan teman sebaya juga sangat mempengaruhi perilaku seorang anak. Baru kemudian permasalahan dari sekolah.

jadi menurut saya trilogi sistem terkait ke” unikan” seorang anak ini harus dibenahi semua untuk dapat meminimalisir adanya anak-anak bermasalah, tidak saling menyalahkan satu dengan yang lainnya.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s