Renung Sunyi


Yang singkat itu waktu
yang dekat itu mati
yang besar itu nafsu
yang berat itu amanah
yang sulit itu ikhlas
yang mudah itu berbuat dosa
yang abadi itu amal kebajikan
yang diinvestigasi itu amal perbuatan
yang diaudit itu apa yang kita lakukan
dan yang terindah adalah saling MEMAAFKAN.
Kata-kata itu adalah sebuah SMS dari seorang temanku (P. TAro) .

saat membaca sebuah … kalau bagiku sebuah teguran, nasehat yang sangat berarti. Karena aku sadar semua orang tidak ada yang sempurna, kita sadar atau tidak sadar sering melakukan kesalahan.

ketika kita ingat apa yang telah kita lakukan, seakan-akan kita ingin kembali mengulang masa itu… agar kita bisa memperbaikinya. Namun hal itu sangatlah tidak mungkin karena sang waktu tidak akan pernah berhenti berjalan sebelum akhir dunia ini ditentukan oleh -NYA.

banyak sekali kita menyakiti orang-orang yang begitu baik terhadap kita, orang-orang yang menyayangi kita, mengasihi kita, menyakiti orang tua kita.. dan masih banyak lagi kalau kita mau mengakuinya.

kita begitu angkuh dan sombong dengan apa yang kita miliki, padahal semua itu hanyalah sebuah paket titipan bagi kita. yang tentunya saat waktunya tiba yang empunya pasti akan menanyakannya.

yang disebut kita HIDUP adalah kemarin yang telah berlalu dan detik ini, sedangkan satu detik yang akan datang itu bukan hidup kita karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi.

ini hanya sebuah renunganku yang mungkin tidak berarti apa-apa buat anda yang merasa paling suci, tidak memiliki dosa dan selalu berkata aku adalah orang baik. aku yakin akupun banyak sekali dosa dan kesalahan.. namun semoga aku tidak kehilangan sebuah harapan untuk tidak mengulangi kesalahan tersebut dan berharap dosa-dosaku diampuni baik oleh orang-orang yang telah dengan sengaja ataupun tidak aku melakukan kesalahan kepada mereka.

Aku hidup untuk belajar berproses menjadi lebih baik.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s