Tips Menyambut detik-detik UAN 2009


Buat teman-teman kelas 9 atau kelas 12 tentunya sangat berharap-harap cemas, karena 2 minggu lagi UAN 2009 menjelang, bagaimana persiapan yang telah dilakukan? apakah materi-materi UAN sudah dikuasai? apakah saat mengikuti Try Out nilai sudah memuaskan. mungkin beberapa tips ini bisa sedikit membantu teman-teman semua.

Tips menghadapi UAN:

  1. Persiapkanlah Materi-materi yang menjadi bahan untuk UAN. buatlah ringkasan yang bisa memudahkan dalam belajar. bisa menggunakan chart, mind mapping, maupun catatan-catatan kecil.
  2. Perbanyak Bank soal.
  3. Lakukan latihan mengerjakan soal-soal dan melakukan pembahasan.
  4. Setiap melakukan pembahasan soal, usahakan membahas juga materi terkait dengan soal yang dibahas.
  5. Buatlah prediksi soal UAN dengan melihat soal-soal UAN tahun sebelumnya. caranya: jika kamu memiliki soal UAN dari tahun 2001 – 2008, lihatlah soal soal dari materi apa yang sering keluar. Kemungkinan soal tersebut juga akan keluar pada UAN selanjutnya.
  6. Mengikuti Try Out
  7. Lakukan simulasi pengerjaan soal UAN, sehingga nanti kamu tahu kira-kira waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan soal-soal UAN berapa menit.
  8. Malam sebelum Ujian sebaiknya pikiran diistirahatkan, jangan terlalu banyak belajar, istirahat yang cukup biar badan tetap fit saat melaksanakan UAN.
  9. Setelah mengerjakan soal UAN, jangan langsung membahas soal-soal yang telah diujikan. focus pada Mata Ujian hari berikutnya.
  10. Berdoa kepada Tuhan  Yang Maha Esa, karena hanya dengan Ridhonya apa yang kita usahakan akan memperoleh hasil yang maksimal

Sedikit tips yang bisa saya sampaikan, kalau ada gunanya silahkan dipakai tetapi jika tidak anggap saja itu hanya sebuah keinginan dari saya untuk berusaha menjadi orang yang berguna bagi orang lain. akhirnya saya ucapkan selamat berjuang, selamat menempuh UAN. Semoga sukses……… Amien.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s