Gempa fenomena alam tak terhindarkan


Gempa.. lagi lagi mengguncang negeri ini. hari ini 30 september 2009 jam 17.15 WIb terjadi gempa berskala 7,6 skala richter yang mengguncang sumatera.

menurut BMG gempa yangterjadi adalah gempa tektonik……

memang ada beberapa jenis gempa yang di golongkan berdasarkan penyebabnya misalnya gempa tektonik itu terjadi karena adanya pergeseran atau patahan dari lempeng-lempeng tektonik atau lapisan bumi. sedangkan gempa vulkanik terjadi akibat adanya aktivitas gunung berapi yang menyebabkan gempa.

indonesia memang termasuk wilayah yang rawan gempa. karena wilayah-wilayah indonesia di lalui oleh jalur-jalur gempa.  Potensi gempa di Indonesia tersebut di sebabkan karena wilayah indonesia berada dalam pertemuan sejumlah lempeng tektonik besar yang aktif bergerak. Daerah rawan gempa tersebut membentang di sepanjang batas lempeng tektonik Australia dengan Asia, lempeng Asia dengan Pasifik dari timur hingga barat Sumatera sampai selatan Jawa, Nusa Tenggara, serta Banda. hal itulah yang menyebabkan wilayah Indonesia termasuk daerah rawan gempa.

Bencana gempa sampai saat ini tidak bisa diprediksi baik kapan, dimana, seberapa besar dan berapa lama akan terjadi. oleh sebab itu yang bisa dilakukan adalah diperlukannya kesiapsiagaan dalam mengantisipasi jika terjadi bencana gempa.

itulah sekilas mengenai gempa, gempa memang tidak bisa di cegah tetapi kita harus bisa waspada. karena hanya dengan kewaspadaan kita bersama akan mengurangi resiko apabila terjadi gempa.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s