Belajar tak harus dari buku


Belajar bisa dimana saja, kapan saja dan dengan siapa saja.itulah kata-kata pertama yang aku ingat saat melihat foto ini.

waktu liat-liat foto di komputer ketemu dengan beberapa foto yang diambil setahun yang lalu. sebuah foto yang mengandung begitu banyak kenangan dan juga pelajaran.
foto ini diambil pada saat aku masih membantu sebuah LSM di solo untuk mengadakan kegiatan pendampingan bagi PUK (Perempuan Usaha Kecil) korban gempa di klaten.
begitu banyak pelajaran yang dapat aku ambil. bagaimana membentuk sebuah kelompok, memenej sebuah kelompok. membuat rencana kebutuhan dan banyak lagi.
tetntunya ada juga tantangan yang kudu aku hadapi diantaranya anggota kelompok yang terdiri dari ibu-ibu semua… (jadi aku kayak penyamun di pasar… he..he..). selain itu untuk memfasilitatori ibu-ibu ini juga harus pakai bahasa ibu alias bahasa jawa.. (disini aku harus belajar lagi…). setelah terbentuk masih ada lagi tantangan yang muncul karena untuk mengakomodir semua keinginan anggota kelompok tidak lah semudah yang aku kira. lagi-lagi disini aku harus belajarlagi.
tetapi dari semua itu ada satu hal yang selalu aku ingat… aku disana memiliki teman, sodara, ibu dan juga keluarga baru. dan yang terpenting lagi aku bisa berbagi kebahagian dengan orang-orang yang awalnya tidak aku kenal sama sekali….

akupun sekarang sadar belajar tak harus dari buku… karena alam dan sekitarku adalah ilmu

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s