1 Sura, 1 Hijriyah saat Malam Jum’at kliwon


HAPPY NEW YEAR 1431 H

Malam nanti (Kamis, 17 Des 09) akan terjadi pergantian tahun. Pergantian tahun Hijriyah 1430 H menuju 1431 H. bertepatan pula tanggal 1 Sura 1943, kebetulan juga malam pergantian pas malam Jum’at Kliwon yang sebagian orang menganggap hari yang istimewa (klo.. buat saya semua hari istimewa).

Tentunya berbagai kegiatan yang diselenggarakan mulai dari Pengajian dan siraman rohani dan  Kirab malam 1 Sura di Solo juga menjadi salah satu kegiatan yang banyak menjadi perhatian masyarakat. dalam kirab tersebut 6 kerbau keturunan Kiai Slamet diarak. 13 Pusaka keraton Surakarta juga akan menyertai kirab kerbau bule tersebut (yang mau lihat kirab bisa datang ke solo.. nanti malam).

lo kok malah ngomongin kirab kerbau to???? ok kita kembali ke ketopik awal tentang makna peringatan tahun baru  Hijriyah. menurut Wikipedia: Kalender Hijriyah atau Kalender Islam (Bahasa Arab: التقويم الهجري; at-taqwim al-hijri), adalah kalender yang digunakan oleh umat Islam, termasuk dalam menentukan tanggal atau bulan yang berkaitan dengan ibadah, atau hari-hari penting lainnya. Di beberapa negara yang berpenduduk mayoritas Islam, Kalender Hijriyah juga digunakan sebagai sistem penanggalan sehari-hari. Kalender Hijriyah menggunakan sistem kalender lunar (komariyah).

Sebagai sebuah pergantian Tahun tentunya bagi kita umat islam tidak hanya menyambutnya melalui kegiatan-kegiatan seremonial saja, tetapi justru kita harus lebih banyak berinstropeksi diri dengan waktu-waktu yang telah kita lalui selama satu tahun yang telah berlalu dan mencoba menata diri kembali untuk menyongsong tahun baru agar kehidupan kita kedepannya lebih baik dari hari-hari ini. agar apa yang menjadi cita-cita kita bahwa “hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan besok harus lebih baik dari hari ini bisa kita capai”

Jadi mari kita Jadikan momentum Pergantian Tahun baru Hijriyah ini untuk kita Bermunajat mendekatkan diri kepada Allah dan mengevaluasi diri atas semua yang telah kita lakukan. jangan jadikan momentum ini menjadi sesuatu yang justru menjerumuskan kita ataupun melenakan kita kepada semua hal yang bisa menjadikan kita terpuruk.

Selamat Tahun Baru Hijriyah 1431 H Semoga kedepannya kita menjadi insan-insan yang lebih baik. amin

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s