Belajar Etika dari Kamar mandi


Setiap rumah tentunya memiliki Kamar mandi dan WC. Begitu vital peran kamar ini sehingga disetiap rumah perlu memilikinya. Tetapi pernahkah kita berfikir bahwa selain sebagai tempat mandi dan buang hajat, dari Kamar mandi dan WC ini kita juga bisa belajar etika dalam pergaulan sehari-hari.

Tulisan ini idenya juga saya dapatkan pas di kamar mandi. Menurut saya ada beberapa pelajaran etika dan moral yang bisa kita pelajari dari Kamar mandi dan WC ini, antara lain:

  1. Kebersihan, kalo yang ini tidak perlu penjelasan yang berlebih. Tetapi pada intinya ketika kita ke kamar mandi dan membersihkan diri itu berarti kita diingatkan bahwa kita dalam kehidupan pasti pernah melakukan kesalahan dan dosa atau dalam hal ini kotor. untuk itu kita perlu meluangkan waktu dan tempat khusus untuk kita bisa membersihkan diri dari dosa dan kesalahan-kesalahan itu. seperi halnya kita memiliki waktu untuk mandi.
  2. Kesabaran, saya ingat waktu saya masih Ngekost, tentunya setiap pagi kita diajari oleh kamar mandi untuk belajar sabar dan antri untuk sekedar mandi. karena biasanya di kos-kost an kita hidup dengan banyk orang.
  3. Keikhlasan, Ketika anda membuang hajat (maap.. buang air besar) kita begitu ikhlasnya. sampai-sampai kita tidak mau melihatnya. Hal ini andai bisa kita terapkan saat beramal ataupun membantu orang lain, betapa ikhlasnya kita.
  4. Menghargai Privasi seseorang. ini jelas kamar mandi adalah tempat privasi orang yang ada di dalamnya. jadi jangan coba-coba mengganggu atau anda akan mendapat masalah
  5. Kamar mandi dan WC adalah gambaran meskipun sebagai tempat pembuangan, tempat kotoran, dan tempat yang dipinggirkan tetapi dia akan selalu menjadi tempat yang selalu ikhlas dan siap melayani disaat dia dibutuhkan.

Kalo ada tambahan silahkan di tambahkan di komentar. Yang jelas saya hanya ingin menunjukan bahwa belajar bisa dilakukan dimana saja, sumber belajar bisa dari apa saja dan inspirasi itu ada ketika kita bisa melihat dan mengambilnya..

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s