Emosi Yang Positif


terkadang kita sering sekali tidak bisa mengendalikan emosi kita. Kita bisa tiba-tiba marah, benci dendam bahkan terkadang saking tidak terkendalikannya emosi kita sering terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan? lalu pertanyaan selanjutnya apakah emosi itu negatif ?

dari buku yang saya baca berjudul Sekolah emosi karya C.C. Manz di situ dijelaskan bahwa kita memang tidak bisa menghindar dari emosi ini, tetapi bagaimana kita bisa memenej emosi ini menjadi positif. bagaimana kita bisa mengelola emosi kita menjadi sebuah motivasi positif bagi kita.

Dasar utamanya adalah kita harus memiliki disiplin emosi. dengan disiplin emosi ini kita bisa memperoleh kekuatan untuk memilih bagaimana kita merasa.  Kita akan mampu membuat pilihan-pilihan yang mengisi energi kita secara alamiah.

untuk lebih jelasnya mengenai disiplin emosi ini silahkan baca bukunya. tetapi satu hal yang ingin saya tekankan disini adalah ketika kita sedang emosi maka lakukanlah sikap dimana pilihan sikap kita itu tidak menjadi negatif tetapi justru pilihlah sebuah sikap yang akan menjadikan emosi kita menjadi positif.

jangan pernah membuat keputusan permanen berdasarkan atas kemarahan sesaat. Tidak peduli betapa seberapa marahnya anda, ingatkan diri anda: ” ini harus segera berlalu!” (T.D. Jakes)

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s