Angkot Hikmah


Bagi sebagian orang naik kendaraan umum baik angkot, bis ataupun jenis sarana transportasi umum mungkin merupakan hal yang sangat tidak menyenagkan. terlebih bagi orang-orang yang kemana-mana menggunakan kendaraan pribadi baik motor ataupun mobil pribadi lengkap dengan sopirnya. padahal jika kita sekali-kali melakukan kegiatan menggunkan sarana umum ambillah contoh naik bis kota, maka akan banyak hikmah yang dapat kita ambil.

ceritanya dimulai dengan saat kita dilatih untuk sabar saat menunggu kedatangan bis yang akan kita tumpangi. kita terkadang harus menunggu berjam-jam untuk naik bis, berbeda jika kita menggunakan mobil pribadi setiap saat tinggal memacu mobil kita.

Kedisiplinana juga penting dalam hal ini, jika kita tinggal di daerah yang masih jarang transportasi tentunya kita harus disiplin menunggu bis pada jam-jam pemberangkatan. Kalau kita tidak disiplin bisa-bisa kita ketinggalan bis yang akhirnya kita harus menunggu jam keberangkatan selanjutnya sehingga akan memakan waktu yang leih lama lagi.

saat bis sudah datang kita harus bisa antri untuk masuk dan mencari tempat duduk, itu belum ketika ternyata bis yang kita naiki penuh, alhasil kita harus rela berdesak-desakan agar kita bisa mencapai tempat tujuan. lagi-lagi disini ada hikmah yang dapat kita ambil dimana kita harus toleran dengan orang lain. kita didalam bis harus mau berbagi dengan semua penumpang sehingga tidak mungkin kita akan duduk di jok yang diperuntukan untuk 2 orang sendirian.

taruhlah kita di dalam bis bisa duduk dengan nyaman karena penumpang ternyata tidak banyak disini kita bisa belajar bersosialisasi mengadapi penumpang lain, sopir, kenek, belum lagi pengamen dan para penjaja makanan. selain itu saat kita naik bis buang jauh-jauh sifat egoisme anda kalau anda tidak ingin dimaki-maki orang. misalkan saja kita duduk dengan orang yang baru saja dari pasar yang tentunya dengan membawa berbagai aroma pasar, kita tidak mungkin menyuruhnya turun karena itu bukan mobil anda, sehingga anda harus mau berbagi, sabar, toleran serta tidak lupa yang penting anda harus bisa menjaga diri.

itu hanya sebagian hikmah yang dapat saya tulis itupun saya tulis setelah kemarin ngobrol-ngbrol dengan teman saya. yang ingin saya tekankan ternyata kita bisa banyak belajar tentang arti kehidupan, kesabaran, berbagi dan masih banyak yang lainnya dari pengalaman hidup sehari-hari.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s