Kebahagian adalah pilihan


Kebahagiaan adalah seekor kupu-kupu. ketika dikejar, kupu-kupu itu selalu menghindar dari tangkapan kita. namun, jika anda duduk tenang, dia akan terbang menari-nari di atas anda (Nathaniel Hawthorne)

Kebahagiaan .. adalah sebuah kata yang selama ini banyak dicari oleh orang. Dimana sebuah kebahagiaan adalah sebuah nikmat dan anugerah terbesar yang di cari oleh manusia dalam kehidupannya. Tetapi menurut sebuah buku ” Sekolah Emosi” ternyata justru pencarian kebahagian kita lah yang menghalangi akan datangnya kebahagiaan itu. inilah keunikan karakter dari kebahagiaan yang menantang.

Kebahagiaan lebih karena keadaan akal dan perasaan, bukan hanya sekedar keadaan tetapi justru merupakan perasaan ilmiah di dalam diri kita. jadi ketika kita mencari kebahagiaan diluar diri kita tentunya justru ketidakbahagiaan yang terasa.

sebuah cerita yang terinspirasi dari buku sekolah emosi karangan C.C Manz.

Seminar kehidupan di Wedangan

judul ini penulis ambil karena penulis adalah salah satu pengunjung wedangan di kota solo. kisahnya bermula saat 2 teman lama bertemu. sudah 10 tahun sejak lulus SMP kedua teman ini tidak pernah bertemu. Kang Bejo ketemu dengan si putri yang dulu pernah menjadi bintang sekolah.

keduanya sepakat bertemu di sebuah tempat wedangan di solo, singkat cerita mereka saling melepas kangen dengan bercerita ngalor ngidul. si putri yang merupakan anak seorang bos travel sejak kecil mendapatkan semua yang diinginkannya, dia sekolah di universitas ternama jurusan ekonomi. setelah lulus dia di serahi mengurusi salah satu anak cabang perusahaan travel dari ayahnya. putri juga menikah dengan seorang lelaki yang sukses, seorang dokter spesialis penyakit dalam. benar-benar sebuah hidup yang membahagiaakan…

tetapi ternyata si putri mengeluh tidak bahagia dengan kehidupannya. dia beecerita kepada bejo bawa dia merasa selalu kurang bahagia, dia mengibaratkan kehidupannya seperti segelas air yang sudah terisi separuh lebih, dan dia selalu berfikir akan bagian gelas yang masih kosong tanpa melihat bagian gelas yang sudah terisi,

berbeda dengan bejo, kang bejo lahir dari kehidupan orang kebanyakan. orang tuanya hanya seorang buruh kehidupannya pas-pas an bahkan cenderung miskin. sejak kecil kang  bejo sudah ikut bekerja membantu kedua orang tuanya untuk melanjutkan sekolah. tetapi untunglah kang bejo termasuk anak yang cukup pintar sehingga dia dapat beasiswa masuk keperguruan tinggi negeri dan mengambil jurusan mesin. setelah lulus ternyata kepintarannya tidak menjamin langsung dapat kerja. sehingga kang bejo kerja serabutan sebelum mendapatkan pekerjaan tetapnya. kang bejo menikah dengan seorang gadis  pujaannya yang bekerja sebagai buruh di sebuah pabrik tekstil. kehidupan mereka berdua sangat sederhana tetapi mereka berdua sepakat untuk berjuang bersama demi masa depan mereka yang lebih baik.

Kang bejo bingung ketika si putri menganggap kehidupannya yang serba kecukupan tidak bisa membuatnya bahagia, sedangkan di sendiri yang hidup secara pas-pas an menganggap dirinya secara umum hidup dengan baik dan bahagia. hal ini terkait dari pola pikir dari bejo yang selalu bercermin kepada masa lalu dimana dia hidup dan pernah merasakan pahit getir susahnya menjalani kehidupan. Tetapi sekarang dia memfokuskan pada kehidupannya sekarang dan massa datang dimana semakin dia memfokuskan rasa syukur dengan apa yang dimilikinya sekarang dan kemungkinan kelanjutan hidup yang lebih baik di masa depan maka kebahagiaan itu muncul. kang bejo telah membuat sebuah keputusan untuk selalu bersyukur atas apa yang dimilikinya sehingga dia memiliki energi positif untuk emanat masa depan yang lebih baik dan itu pula yang selalu menjadikannya selalu bahagia menjalani hidup di dunia ini.

pelajaran dari itu semua adalah kebahagiaan bukanlah sekedar dicari tetapi kebahagiaan lebih dari sebuah pilihan kita untuk melepaskan ketidak – bahagiaan sebagai  jembatan penghubung yang pasti untuk menyongsong kebahagiaan di masa depan yang lebih bermakna.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s