Ujian Nasional


saat ini para elite politik masih berdebat masalah Century, Mahasiswa berdemo, tawuran dimana-mana dan juga perburuan teroris dilakukan dengan menyisir hutan-hutan di Aceh oleh densus 88 anti teroris. itulah gambaran umum gejolak yang sedang di hadapi olehbangsa ini.

tetapi tidak kalah bergejolak adalah hati para siswa kelas 9 dan kelas 12 yang sebentar lagi akan bertempur untuk menentukan nasib mereka. Hasil belajar yang dilakukan selama 3 tahun akan ditentukan pada 5 hari yang akan datang. Ujian Nasional (UN) yang terus menjadi kontraversi memang akan tetap di adakan setidaknya untuk tahun 2010 ini. bahkan jadwalnya diajukan yaitu:

  • Tingkat SMA/MA, SMALB, dan SMK :
    • UN Utama : 22 – 26 Maret 2010
    • UN Ulangan : 10 – 14 Mei 2010
  • Tingkat  SMP/MTs dan SMPLB
    • UN Utama : 29 Maret – 1 April 2010
    • UN Ulangan :7 – 20 Mei 2010
  • Tingkat SD/MI
    • UN Utama : 4 – 6 Mei 2010

lalu bagaimana dengan mata pelajaran yang diujikan?  Sesuai Permendiknas 75 Pasal 7, SMP/SMA untuk IPA meliputi tiga mapel utama bahasa Indonesia, bahasa Inggris, matematika, plus fisika, kimia, dan biologi. Untuk IPS, tiga mapel utama plus ekonomi, sosiologi, dan geografi.

Untuk program Bahasa, tiga mapel utama plus bahasa asing lain, sejarah budaya, antropologi, dan sastra Indonesia. Untuk MA, program keagamaan meliputi tafsir, hadits, dan fikih. Sedangkan SMK meliputi tiga mapel utama plus teori kejuruan. Bagi siswa SMP dan yang sederajat mata pelajaran yang diujikan dalam Unas meliputi bahasa Indonesia, bahasa Inggris, matematika, dan IPA.

Itu sekelumit mengenai UN yang akan segera dilaksanakan. kemudian bagaimana dengan para siswa yang akan melaksanakan UN tersebut? banyak sekali persiapan yang dilakukan mulai dari penambahan jam untuk materi yang diujikan, ikut bimbel sampai ada juga motivasi dan juga istighozah / doa bersama untuk menyambut UN ini. dengan harapan tentunya akan lulus UN secara baik.

Siap tidak siap siswa kelas tiga harus siap menghadapi ujian nasional ini. Tetapi peran orang tua, Guru dan juga sekolah sangat besar karena selain persiapan materi, perlu disiapkan juga mental dan juga pendampingan dari orang tua,sehingga anak yang akan melaksanakan ujian nasional semakin siap untuk bisa lulus. akhirnya semoga buat adek-adek yang akan melaksanakan ujian nasional bisa sukses dan meraih hasil yang maksimal. Yakin pada diri sendiri, persiapan materi, doa dan juga mohon restu kepada orang tua… insaallah berhasil amin

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s