Hari Pahlawan


Hari ini adalah hari Pahlawan dimana , dimana kalo kita menilik sejarah tanggal 10 Nopember 1945 terjadi agresi militer inggris di Surabaya. Pagi itu tentara Inggris mulai melancarkan serangan besar-besaran dan dahsyat sekali, dengan mengerahkan sekitar 30 000 serdadu, 50 pesawat terbang, dan sejumlah besar kapal perang. Kota Surabaya seperti mengalami hujan bom dan peluru baik dari udara, darat maupun laut. Banyak sekali rakyat yang menjadi korban mulai dari luka-luka sampai meninggal dunia.

Serangan ini bertujuan untuk menjajah kembali Indonesia setelah mendeklarasikan kemerdekaan Republik Indonesia pada Tanggal 17 Agustus 1945. Namun dengan semangat persatuan dan kesatuan serta cinta tanah air, semua lapisan masyarakat bersatu berjuang mempertahankan kemerdekaan meskipun taruhannya adalah nyawa. Peristiwa inilah yang kemudian mendasari ditetapkannya Tanggal 10 Nopember sebagai hari pahlawan.

sebuah kutipan dari Presiden Soekarno “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa pahlawannya“

Kita sebagai pemuda penerus perjuangan bangsa harus dapat mengenang, menghargai dan yang paling penting melanjutkan cita-cita dan perjuangan para pahlawan bangsa yang telah gugur.  Semangat para pahlawan 67 tahun silam harus kita bangkitkan lagi. Hal ini dikarenakan bangsa ini sekarang sedang mengalami banyak sekali persoalan dan juga tantangan. Mulai dari korupsi yang mengakar rumput, kemiskinan, pendidikan yang belum merata, kesenjangan pembangunan, kesehatan yang masih begitu mahal. Belum lagi tantangan dari luar negeri yang ingin merongrong kedaulatan bangsa. Kebudayaan yang banyak di klaim oleh bangsa lain, globalisasi tanpa saringan, budaya-budaya barat yang semakin merusak moral bangsa. Hal ini seolah-olah menjadi penjajah baru di negeri tercinta kita ini.

Permasalahan – permasalahn tersebut tentunya jauh dari Tujuan nasional bangsa Indonesia yang sudah tercantum dalam alenia keempat Pembukaan UUD 1945 yang berbunyi “Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintahan negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, untuk memajukan kesejahtetaan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial”.

Dari sini jelas saat ini bangsa Indonesia butuh pahlawan-pahlawan yang mau berjuang untuk bangsa, dan ini harus dilakukan oleh semua Rakyat Indonesia. Sifat patriotism dan cinta tanah air harus dijiwai semua lapisan masyarakat terutama generasi muda sebagai penerus bangsa.  Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan, seperti selalu berkarya demi bangsa berprestasi baik dalam bidang pendidikan, seni, olah raga, bisnis dan lain sebagainya. Melawan korupsi dan taat peraturan, ikut melaksanakan pembangunan, selalu cinta tanah air Indonesia dan masih banyak hal positif lainnya yang bisa kita persembahkan untuk bangsa ini.

Apapun hal positif yang bisa kita lakukan, lakukan..!!! Berprestasi dalam bidang yang kita tekuni adalah bentuk perjuangan terhadap bangsa ini…

 

 

KITA HARUS BISA MENJADI PAHLAWAN UNTUK BANGSA, AGAMA, KELUARGA DAN UNTUK DIRI KITA SENDIRI

 

SELAMAT HARI PAHLAWAN 10 NOPEMBER 2012

“Hening cipta dan doa terpanjat untuk seluruh Pahlawan Indonesia”

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s