anak bermasalah di Sekolah


beberapa waktu yang lalu kita dikejutkan kejadian dimana dua orang siswa SMP negeri di jakarta melakukan tindakan asusila. parahnya lagi tindakan mereka di rekam dengan kamera HP  oleh temannya. Tindakan ini dilakukan di dalam kelas.

Anak Nakal… anak membolos… anak putus sekolah… anak yang terjerumus pergaulan bebas, narkoba, miras dan masih banyak lainnya. ironis memang, di saat seharusnya anak mengalami tumbuh kembang dengan baik, mendapatkan hak-haknya tetapi justru melakukan tindakan-tindakan yang menurut aturan baik sosial, negara maupun agama tidak sesuai.

sebenarnya apa yang terjadi dengan anak-anak ini?

siapakah yang salah?

dari pengalaman yang pernah kang agus alami sebagai seorang guru, ternyata dari beberapa anak yang mengalami permasalahan di sekolah memiliki latar belakang yang kurang harmonis. baik orang tuanya cerai, meninggal dunia atau karena masalah ekonomi keluarga sehingga orang tua sibuk mencari nafkah dan pada akhirnya perhatian kepada anaknya berkurang. Ketikaperhatian kepada anak berkurang inilah si anak mulai mencari perhatian dari orang lain. mereka keluar rumah dan mencari perhatian dari orang lain. baik dari teman, pacar maupun kelompok-kelompok remaja. bahkan sempat ada siswa saya yang mencari perhatian yang maen game online selama 3 hari-3 malam.

Apa yang dapat kita lakukan untuk sedikit memberikan solusi tentang persoalan ini?

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s